OPINI | Prof Dr HRH HRM Princess Donna Dayu Kencana Soekarno, LL.B. LL.M Ph.D (*)
Loyalitas adalah kesetiaan, pengabdian, dan kepercayaan yang diberikan atau ditunjukkan kepada seseorang, kelompok, atau organisasi, yang meliputi rasa tanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan perilaku terbaik.
Secara lebih rinci, loyalitas meliputi:
Loyalitas dan Pengabdian:
Loyalitas menunjukkan rasa kesetiaan dan komitmen yang kuat terhadap sesuatu.
Kepercayaan:
Loyalitas meliputi kepercayaan yang diberikan kepada seseorang atau lembaga.
Tanggung Jawab:
Loyalitas meliputi rasa tanggung jawab untuk berusaha memberikan pelayanan dan perilaku terbaik.
Sikap Positif:
Orang yang loyal cenderung memiliki sikap positif terhadap hal yang menjadi loyalitasnya.
Komitmen:
Loyalitas juga menunjukkan komitmen untuk terus mendukung dan menjaga hubungan.
Perilaku Pembelian Ulang:
Dalam konteks bisnis, loyalitas pelanggan berarti kecenderungan untuk terus membeli produk atau menggunakan layanan dari merek yang sama.
Aspek Emosional:
Loyalitas bukan hanya tentang tindakan berulang, tetapi juga melibatkan aspek emosional seperti kebanggaan, kepercayaan, dan keinginan untuk membela atau mempromosikan.
(*) Owner & Founder PDKS.ROS.PBX Alexandrina Victoria II International University
0 Komentar